Senin, 06 Desember 2010

Apakah Hukum Membaca Basmalah Dalam Memulai Surat Al-Fatihah Dalam Shalat ???

Dalam masalah ini para ulama berbeda pendapat. Ada yang berpendapat bahwa basmalah termasuk ayat dalam surat Al-Fatihah, harus dibaca jahr (dikeraskan bacaannya) dalam shalat dan berpendapat tidak sah shalat tanpa membaca basmalah, sebab masih termasuk dalam surat Al-Fatihah.

Sebagian ulama lain berpendapat, basmalah tidak termasuk dalam surat Al-Fatihah. Namun ayat yang berdiri sendiri dalam Al-Qur’an. Inilah pendapat yang benar. Pendapat ini berdasarkan nash dan rangkaian dalam surat ini.

Adapun dasar di dalam nash, telah diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Aku membagi shalat (yakni surat Al-Fatihah) menjadi dua bagian, separuh untuk-Ku dan separuh untuk hamba-Ku. Apabila ia membaca: “Segala puji bagi Allah.” Maka Allah menjawab: “Hamba-Ku telah memuji-Ku.” Apabila ia membaca: “Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Maka Allah menjawab: “Hamba-Ku telah menyanjung-Ku.” Apabila ia membaca: “Penguasa hari pembalasan.” Maka Allah menjawab: “Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.” Apabila ia membaca: “Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.” Maka Allah menjawab: “Ini separuh untuk-Ku dan separuh untuk hamba-Ku.” Apabila ia membaca: “Tunjukilah kami kepada jalan yang lurus.” Maka Allah menjawab: “Ini untuk hamba-Ku, akan Aku kabulkan apa yang ia minta.” [1]

Ini semacam penegasan bahwa basmalah bukan termasuk dalam surat Al-Fatihah. Dalam kitab Ash-Shahih diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku pernah shalat bermakmum di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, Umar dan Utsman radhiyallahu ‘anhum. Mereka semua membuka shalat dengan membaca: ‘Al-Hamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin’ dan tidak membaca ‘Bismillahirrahmanirrahiim’ di awal bacaan maupun di akhirnya.” [2]

Maksudnya mereka tidak mengeraskan bacaannya. Membedakan antara basmalah dengan hamdalah dalam hal dikeraskan dan tidaknya menunjukkan bahwa basmalah tidak termasuk dalam surat Al-Fatihah.

Namun, kembali kepada setiap pribadi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar